Tuesday, May 29, 2012

STAN Art Festival



Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) yang terletak di bilangan Bintaro, Jakarta Selatan, telah heboh menggelar acara perhelatan seni Sabtu, 26 Mei 2012 lalu, yaitu STAN Art Festival. Acara bertajuk "Free Your Soul, Fight Corruption" ini memiliki beberapa acara kompetisi (pre-event), yaitu Band Competition, Photography Contest, dan Mural Art Competition. Audisi Band Competition memperoleh 6 finalis yang ditampilkan pada acara puncak STAN Art Festival. No Name, KMM, Ames Tuh, Skakmat, Moluska, dan Artsy adalah keenam finalis Band Competition yang memiliki warna musik yang berbeda-beda. Photography Contest dihadirkan melalui Gallery Artspace yang terletak di pinggir lokasi STAN Art Festival. Pelaksanaan Mural Art Competition banyak menarik perhatian penggunjung yang datang pada acara tersebut. Kreatifitas dan pesan yang dituangkan melalui seni mural memang salah satu media seni yang sedang tren saat ini.




Band dalam kampus seperti UBE dan Goodwill membuka acara pada hari itu. UBE yang sudah cukup akrab di telinga J-indie rock di Jakarta dan sekitarnya, serta Goodwill yang beraromakan pop jazz cukup menarik perhatian penonton untuk mendekat ke panggung. Keenam finalis Band Competition juga tidak kalah asik membawakan lahu-lagu yang sudah akrab di telinga.

Selain ada pertunjukan musik di panggung, ada pula beberapa stand, seperti dari SAE Jakarta, Komunitas Papercraft STAN, dan stand UKM Seni yang ada di STAN. Pengunjung juga dimanjakan dengan beberapa stand food and beverages di luar lokasi STAN Art Festival, Aula Student Center STAN.










Karya Mural Art Competition


Tokyolite - Coba


Tokyolite

Band trio asal Bogor, Tokyolite, merupakan salah satu guest star acara STAN Art Festival. Guruh (Drum), Stevan (Guitar and Vocal), dan Alex (Bass, Backing Vocal, and Keyboard) menyajikan 7 buah lagu, diantaranya beberapa single mereka, yaitu Hello, Move It, Yes Dance, dan Coba. Musik easy listening yang mereka bawakan mampu membuat penonton yang hadir memberikan tepuk tangan yang meriah.


Soul Of Magnolia - Jadi Milikku

Soul Of Magnolia

Guest star kedua STAN Art Festival hari itu adalah Soul Of Magnolia. "Kebetulan banget, STAN cuma 3 menit dari rumah aku..", ujar Dine, salah satu vokalis Soul Of Magnolia. Eca (Bass), Bayu (Vocal), Andrew (Guitar), Prio (Drum), Dine (Vocal), Martin (Keyboard), dan Denimaris (Saxophone) membuka performance mereka kali itu dengan hits mereka yang berjudul Jadi Milikku. Penonton pun kerap kali ikut bernyanyi bersama dengan mereka. Soul Of Magnolia seusai perform nampak ramah menyambut fans mereka yang inin berfoto bersama.

Acara break sekitar 1 jam dan dilanjut pukul 19.00 WIB. Dibuka dengan performance dari Feri yang menyampaikan lagu berisikan pesan Anti Korupsi dambil bermain harmonica dan gitar. Penampilan Kolaborasi UKM Seni STAN menghadirkan segala aspek seni yang menjadi satu benbentuk drama musikal. Drama musikal ini melibatkan film pendek, seni tari, teater budaya, satra, dan choir. Sayangnya penampilan ini berlangsung cukup lama, sehingga acara mundur sekitar setengah jam. Namun Student Center STAN terlihat semakin ramai. Mereka menantikan kehadiran idola mereka, The Extra LARGE. 


The Extra LARGE - Owh Boy

Beberapa pria bercelemek (baju untuk masak) bertuliskan 'The Extra LARGE' menaiki panggung dan melakukan setting alat musik serta check sound. Yap, crew The Extra LARGE cukup menarik perhatian penonton karena itu tandanya The Extra LARGE segera tampil. MC pun membacakan pemenang dari masing-masing kompetisi yang ada di pre-event STAN Art Festival.

Dibuka dengan hits mereka, Owh Boy, Davina (Vocal), Panji (Guitar), Pandu (Bass), Dion (Keyboard), dan Ape (Drum) memacu riuh teriakan para fans mereka. Lagu mereka yang berjudul Selamanya membuat suasana malam minggu di STAN Art Festival cukup romantis. Mereka juga membawakan lagu cover dari Cherrybelle yang berjudul Beautiful. "Yah beginilah kalo kalian melihat geng gendut joget", canda Davina (vokalis The Extra LARGE) kepada penonton. Ada satu yang khas dari The Extra LARGE, "Setiap manggung biasanya kita pengen yang nonton kita gendut juga, nih.." kata Davina lagi sambil melemparkan snack ringan plus stiker The Extra LARGE kepada penonton. Mereka pun melemparkan 2 CD album mereka kepada penonton. Penampilan dan aksi panggung yang ramah tapi tetap memukau.

The Extra LARGE

Pemenang Band Competition: Juara I Ames Ruh
                                                       Juara II Skakmat
                                                       Juara III Moluska

Pemenang Photography Contest: Juara I Yusuf Widayat
                                                            Juara II Haski Apriliandi
                                                            Juara III Anissa Rizmani H 

Pemenang Mural Art Competition: Juara I UKM UNJ
                                                             Juara II Art Crew
                                                             Juara III Team Sarsaparilla

Photos and Text by Kartika Adyani
Videos by Alfrino Adywirya
Credit to STAN Art Festival
               The Extra LARGE
               Soul Of Magnolia
               Tokyolite
               Satria Adiguna

No comments:

Post a Comment