Tuesday, May 29, 2012

Hijab Class - UIN Fashion Fair 2012



Salah satu pre-event UIN Fashion Fair 2012, yaitu Hijab Class "Festive Hijab and Beauty", telah sukses dilaksanakan. Jum'at, 25 Mei 2012 lalu bertempat di Cafe Cangkir Lantai 2, Kampus UIN Jakarta, Grand Opening UIN Fashion Fair 2012 sekaligus Hijab Class ini digelar. Grand Opening UIN Fashion Fair turut menghadirkan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dirjen Arsitektur dan Desain. Ibu Dra. Poppy Savitri beserta beberapa staffnya. Berbalut busana biru tosca, Ibu Poppy menyampaikan apresiasinya terhadap acara ini. Selain itu, hadir pula perwakilan dari Rektorat UIN Jakarta. Acara ini diresmikan dengan penorehan tinta di atas sterofoam bertuliskan 'UIN Fashion Fair 2012 Sukses' oleh para tamu undangan yang hadir. Acara yang dikepalai oleh Qonitah Al-Jundiah, mahasiswi Psikologi UIN Jakarta, memiliki beberapa rangkaian acara, yaitu Hijab Class "Festive Hijab and Beauty", Talk Show "Fashion, World, and Religion", Fashion Swap "Fashion For Charity", dan Islamic Styling Competition. Main event sendiri yaitu Fashon Show "Breaktrough" akan dilaksanakan pada bulan September 2012 mendatang.



Grand Opening UIN Fashion Fair 2012

Tepat pukul 9 pagi, peserta Hijab Class telah memenuhi kursi-kursi di dalam Cafe Cangkir. Hijab Class ini dibagi menjadi 2 sesi, sehingga peserta yang ikut tidak terlalu berdesakan. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, dengan 1 kelompok terdiri dari 5-7 orang, hal ini untk mempermudah penggunaan alat-alat make up nantinya. Bekerjasama dengan sebuah produk kecantikan, Wardah Beauty memfasilitasi alat make up yang digunakan pada acara ini. Tutor dari Wardah Beauty pun memberikan contoh menggunakan alat make up yang baik dan benar pada seorang model. Tatanan wajah yang dicontohkan oleh tutor cukup simple, sehingga mudah diikuti oleh para peserta. Dimulai dari membersihkan wajah, meoleskan alas bedak (foundation), hingga finishing seperti penggunaan perona pipi (blush on) dicontohkan tutor dengan baik.


Tutorial oleh Wardah Beauty

Tampak para peserta cukup antusias mengikuti kelas kecantikan ini. Banyak juga dari mereka yang sepertinya masih cukup awam untuk menggunakan make up wajah sehingga masih memerlukan tutor untuk membantunya. Bagi mereka yang sudah 'ahli', rasanya hal itu terlihat mudah. Sayang rasanya waktu berlangsungnya sesi ini terlalu singkat, sehingga para peserta perlu sedikit terburu-buru agar tidak tertinggal step selanjutnya yang dicontohkan oleh tutor.


Setelah cantik menggunakan makle up wajah dari Wardah Beauty, hadir Siti Juwariyah yang siap memberikan tutorial menggunakan scarf. Scarf saat ini memang sedang menjadi tren mode muslimah dalam menggunakan jilbab. Corak warna dan variasi penggunaannya membuat yang mengenakannya tampak modis dan lebih gaya. Siti Juwariyah, seorang enterpreneur muda dan islamic fashion blogger, memberikan sebuah scarf produk bikinannya, Kaffah Scarf, kepada masing-masing peserta. Dalam kelas ini, Siti Juwariyah dibantu seorang model. Wanita cantik ini memberikan 3 tutorial menggunakan Kaffah Scarf, dimulai dari yang cukup simple yang dapat dikenakan sehari-hari hingga yang sedkit rumit, yang anggun untuk dikenakan saat pesta.

Siti Juwariyah mencontohkan penggunaan Kaffah Scarf pada seorang model

Peserta tampaknya banyak yang kesulitan, terutama ketika tutorial ketiga. "Perlu saya kesitu nggak untuk contohin langsung ke kalian?", tanya Siti Juwariyah kepada peserta. Ternyata mereka berebut ingin ikut dibantu. Dengan cermat dan rapih, Siti Juwariyah memberikan bantuan kepada para peserta. Tampak beberapa peserta lain berfoto-foto sendiri, mengabadikan hasil karyanya mengenakan Kaffah Scarf.

Suasana turorial menggunakan Kaffah Scarf



Foto bersama Siti Juwariyah

Can I Say : Bagaimana kesan pesannya memberikan tutorial penggunaan scaraf di Hijab Class ini kak?

Siti Juwariyah : Menurut aku, acara ini bagus yah. Karena bisa meyakinkan mereka bahwa berjilbab itu tetep bisa modis dan tampil cantik, apalagi dengan beberapa variasi yang dikenaan. Daya tariknya pun jadi lebih bagus.

Can I Say : Menurut kakak perkembangan Fashion Hijab di Indonesia ini gimana?

Situ Juwariyah : Alhamdulillah pesat banget yah 2 tahun ini, apalagi katanya kita jadi pusat Fashion Hijab untuk Muslim, nah itu bagus banget. Karena bisa menunjukkan juga bahwa Islam itu indah.

Can I Say : Ide kakak untuk berkreasi dengan Kaffah Scarf ini kreatif banget, referensinya dapat darimana? Ada tokoh idola di dunia Fashion Hijab?

Siti Juwariyah : Kalo di dunia Fashion Hijab, aku ngfans banget sama Hana Tajima. Tapi untuk kreasi Fashion Hijabnya sendiri, itu referensi dari temen-temen  Hijabbers Community karena kita suka saling berbagi kreasi. Selain itu aku juga suka coba-coba sendiri di depan kaca.

Can I Say : Apa rencana ke depan kakak di dunia fashion?

Siti Juwariyah : Hhmm, kalo sekarang kan aku usahanya cuma di bidang scarf (Kaffah Scarf) aja yah. Aku pengen banget ngeluarin label untuk baju, bikin semacam butik gitu.

STREET PHOTOS 

@nabilasyakieb

@daisylintriana

@ekaasucii

@zakiyahzaki @sucincuz

@dwitayuniati @ashfiqamara

Photos and Text by Kartika Adyani
                Nisha Permitia
                Qonitah Al-Jundiah
                UIN Fashion Fair 2012
                Wardah Beauty
                Siti Juwariyah

No comments:

Post a Comment