Thursday, May 28, 2020

Los Angeles

Di Los Angeles Amerika sana, ada dua orang seniman yang dihormati banyak artis. Namanya Estevan Oriol dan Mark Machado alias Mr. Cartoon. Keduanya terkenal karena memberi sentuhan artistik khas Amerika Latin di kota yang namanya aja udah latin banget. Arti Los Angeles: The Angels.

Estevan banyak bantu beberapa band dari LA sebagai fotografer. Dia juga bikin logo kelompok hiphop Cypress Hill. Singkatnya, dia ikut membentuk wajah skena hiphop West Coast.

Selain musik rap, musisi lain dari California juga ikut dia bangun. Misalnya, Blink-182. Video musik Always disutradarai Estevan. Melibatkan beberapa teman tongkrongannya dan bertempat di sejumlah lokasi ikonik khas LA—misalnya viaduct yang dipakai ketika adegan dikejar polisi.

Kontribusi Estevan di Blink-182 bukan cuma di sana. Foto yang muncul di cover belakang album Greatest Hits, dipotret Oriol. Dia juga ikut ketika trio pop-punk itu jalan-jalan ke pangkalan militer AS di timur tengah. Lewat film dokumenter berdurasi satu setengah jam ini, kita bisa simak footage plus wawancara Travis dan Mark.

Selain Estevan, ada satu sosok lain yang juga selalu jadi penyerta karya seniman-seniman LA. Nama populernya Cartoon. Travis terlihat bangga ada tato nama belakangnya di bagian kepala. Rajah itu dibuat Cartoon. Begitu pula dengan Mark yang di masing-masing pergelangan lengannya ditulisi tato tulisan Jack dan Skye. Masih buatan pria bernama asli Mark Machado itu.

Cartoon awalnya fokus melukis graffiti. Lama-lama, medianya pindah ke kulit. Dan bukan kulit sembarang orang. Dari Eminem sampai (almarhum) Kobe Bryant bangga pernah ditato Cartoon. Kobe bahkan bercerita. Suatu ketika dia berkunjung ke Tiongkok. Di sana, ada yang nyadar bahwa satu tato di tangannya pasti buatan Cartoon—which is true.

LA Originals juga memperlihatkan bahwa budaya hiphop, lowrider hingga dandanan khas Chicano, juga “laku” di negara lain, misalnya Jepang dan Jerman. Di bagian akhir film yang kaya footage dari tahun 90an ini, graffiti artist Shepard Fairey berujar tentang relevansi seni Chicano:
“with all the racism, xenophobia that’s going on in the US, for Chicano art to just be pushed as hard as possible, wether it’s a direct political message or just as a style, is a great thing.” []

No comments:

Post a Comment