Thursday, May 7, 2020

Oh My Goodness!


Beberapa waktu lalu, ada diskon di Gramedia online. Biasanya, jenis buku yang didiskon bukan tipikal buku yang saya butuhkan. Kebetulan, kali ini ada dua yang pas. Salah satunya, Oh My Goodness! Buku Pintar Seorang Creative Jungkie (selanjutnya ditulis OMG) yang ditulis Yoris Sebastian. Menurutku, buku Yoris terasa praktis. Sampai sekarang, saya masih aplikasikan tips dari buku 101 Creative Notes. Salah satunya: pasang jam tangan gantian kiri-kanan. Nah, dengan ekspektasi serupa, saya beli Creative Jungkie dengan diskon 70 persen. Lumayan.

OMG ini sebenarnya rilisan tahun 2010. Meskipun yang saya beli ini versi updated version yang dirilis tahun 2016, penggunaan contoh di dalamnya nggak diupdate. Masih ada istilah blackberry yang bikin bahasan di dalam buku ini terasa so last decade. Padahal bahasannya tetap relevan.

Ada 9 bab yang dibagi dalam tiga bagian. Masing-masing bab berisi contoh kasus yang beberapa di antaranya dilengkapi halaman interaktif. Dalam judul “Creativity is a Habit, not Genetic”, ada kuis yang melatih pembaca “untuk mengukur sejauh mana kemampuan imajinasi Anda”. Sumbernya dari buku Madelyn Burley-Allen berjudul Memory Skills in Business.

Di awal, saya kira buku ini juga akan berkaitan dengan orang-orang yang digambar di cover buku. Memang, profil mereka disebut di lembar ketiga dan keempat pertama buku tanpa nomor halaman ini. Ternyata, dalam bahasan utama buku, contoh kreativitas nama-nama semacam Blake Mycoskie sampai Ben Drury ini disebut sekilas. Meski banyak nama lain juga yang dibahas, Yoris terasa lebih banyak menyebut subjek “saya”—dan gak masalah juga sebenarnya.

Sebelum ini, saya juga baca buku Yoris lain berjudul Generasi Langgas. Dalam buku yang dirilis di tahun yang sama dengan tahun edar buku OMG itu, Yoris banyak menggunakan kisah narasumber sebagai bahan analisanya terkait karakter generasi pemuda Indonesia yang populer disebut millenials. Garis merah buku-buku Yoris tetap sama: mengajak pembaca menjadi kreatif. []


No comments:

Post a Comment